Shalat Tahajjud Berapa Rakaat? Simak Selengkapnya!

0
91
shalat tahajjud berapa rakaat

Shalat tahajjud berapa rakaat – Shalat tahajjud merupakan shalat sunnah yang dilakukan dimalam hari dan termasuk dalam sholat lail. Shalat tahajjud termasuk ibadah yang sangat tinggi ganjaran pahalanya ketika kita melaksanakan shalat tersebut, akan tetapi tidak semua orang dapat melaksanakan shalat tahajjud hanya orang memiliki niat dan tekat yang kuat untuk melaksanakannya, mengapa demikian, karena shalat tahajjud dilakukan disepertiga malam yang dimana yang dimana waktu tersebut merupakan waktu tidur dan sangat sulit menahan rasa kantuk sehingga membuat banyak orang lebih memilih untuk tidur sehingga menyebabkan seseorang tidak mudah untuk bangun melaksanakannya.

Shalat tahajjud telah disebutkan didalam alqur’an bahwa Allah SWT mengangkat seseorang ketempat yang terpuji bagi seseorang yang senantiasa melaksanakan shalat tahajjud sebagaimana yang disebutkan dalam Qs. Al-Isra’: 79

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya: Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji (QS.Al-Isra’: 79)

BACA JUGA: Tafsir QS.Al-Isra’: 79

Shalat tahajjud memiliki banyak keutamaan akan tetapi banyak orang yang malas untuk melaksanakannya, selain itu banyak juga orang tidak mengetahui berapa rakaat shalat tahajjud, lantas sholat tahajjud berapa rakaat yang yang sebaiknya dilakukan?

Berikut penjelasan mengenai shalat tahajjud berapa rakaat yang sebaiknya dilakukan:

shalat tahajjud berapa rakaat

Sholat tahajjud berapa rakaat pada umumnya rakaatnya tidak terhingga dan diakhiri 1 rakaat witir selama waktu masih disepertiga malam atau waktu belum memasuki waktu fajar atau subuh. sekedar informasi bahwa untuk melaksanakan shalat tahajjud seseorang tersebut harus tidur terlebih dahulu agar dapat dikatakan shalat tahajjud.

shalat tahajjud berapa rakaat, Dalam hadist riwayat Tabrani dan Al Bazzar, dari Sumrah bin Jundub RA ia berkata “Kita diperintah oleh Rasulullah supaya mengerjakan sholat malam itu sedikit atau banyak dan sebagai penghabisan atau penutup sholat witir.

Selain itu, dalam Hadist riwayat Thabrani dalam kitab Al Kabir dan Al Ausath, dari Ibnu Abbas ia berkata, “Kita diperintah oleh Rasulullah mengerjakan sholat malam dan benar-benar menganjurkannya sehingga beliau berkata, ‘Kerjakan sholat malam sekali pun hanya satu rakaat’.”

Pendapat itu sesuai dengan hadist riwayat Bukhari Muslim, dari Aisyah RA ia berkata, “Rasulullah tidak pernah menambah sholat malam itu, baik ketika bulan Ramadhan atau bulan lainnya dari sebelas rakaat. Beliau sholat empat rakaat, jangan tanya tentang baik dan panjangnya. Kemudian, sholat lagi empat rakaat, jangan tanya baik dan panjangnya. Kemudian, sholat witir tiga rakaat. Saya bertanya, ‘Wahai Rasulullah, apakah engkau tidur sebelum witir? Beliau menjawab ‘Ya Aisyah, walau kedua mataku tidur, namun hatiku tidak tidur.

Jumlah berapa rakaat shalat tahajud dan shalat tarawih yang dianjurkan adalah tidak lebih dari 11 atau 13 raka’at. Inilah yang dipilih oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagaimana disebutkan dalam hadits-hadits.

‘Aisyah mengatakan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah menambah jumlah raka’at dalam shalat malam di bulan Ramadhan dan tidak pula dalam shalat lainnya lebih dari 11 raka’at.” (HR. Bukhari no. 1147 dan Muslim no. 738)

Dari Ibnu ‘Abbas, beliau berkata,

كَانَ صَلاَةُ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – ثَلاَثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً . يَعْنِى بِاللَّيْلِ

Shalat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam di malam hari adalah 13 raka’at.” (HR. Bukhari no. 1138 dan Muslim no. 764).

Sebagian ulama mengatakan bahwa shalat malam yang dilakukan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah 11 raka’at. Adapun dua raka’at lainnya adalah dua raka’at ringan yang dikerjakan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai pembuka melaksanakan shalat malam, sebagaimana hal ini dikatakan oleh Ibnu Hajar dalam Fathul Bari (4/123, Asy Syamilah)

Walaupun begitu, shalat tahajud berapa rakaat sesuai sunnah paling utama adalah sebelas rakaat, dan sudah termasuk tiga rakaat shalat witir. Adapun, pelaksanaanya yang dapat dilakukan 4+4+3 (4 sholat tahajud+4 sholat tajahud+3 sholat witir). Selain itu, bisa juga 2+2+2+2 (sholat tajahud) +3 (sholat witir bisa 2+1 atau 3 sekaligus).

BACA JUGA: 10 Waktu Mustajab Untuk Berdoa

Semoga pembahasan mengenai shalat tahajjud berapa rakaat yang kami sajikan dapat memberikan manfaat bagi kita semua utamanya bagi penulis sendiri

Sekian dan Terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here