9 Tata Cara Berwudhu Yang Benar Sesuai Tuntunan Islam

0
97
Tata cara berwudhu

Tata cara berwudhu – Berwudhu merupakan cara bersuci dari hadas kecil, umumnya berwudhu dilakukan ketika akan melaksanakan shalat akan tetapi berwudhu sebagai syarat sahnya shalat maka dari itu betapa pentingya untuk mengetahui cara berwudhu yg benar.

Allah SWT berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَٰكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.”
(QS. Al Maidah: 6)

BACA JUGA:

Kemudian dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

لَا تُقْبَلُ صَلَاةُ أَحَدِكُمْ إِذَا أَحْدَثَ حَتَّى يَتَوَضَّأ

“Tidak akan diterima shalat seorang diantara kalian jika ia berhadats hingga dia berwudhu” (Muttafaqun alaihi, Bukhari (135), Muslim (225))

Selain menjadi syarat diterimanya shalat, berwudhu juga memiliki salah satunya dihapuskannya dosa-dosa kecil. Maka wudhu bukan hanya mensucikan anggota tubuh kita melainkan juga menyucikan diri kita dari dosa maka dari itu pentingnya mengetahui urutan cara berwudhu.

BACA JUGA:

Adapun tata cara berwudhu yang benar sesuai tuntunan islam adalah sebagai berikut:

tata cara berwudhu

1. Membaca Niat dan Basmalah

Tata cara berwudhu segala sesuatu yang akan kita mulai alangkah baiknya apabila semuanya dimulai dengan niat dan basmalah, apalagi berwudhu. Lafadz niat lebih afdhol jika dibaca didalam hati. Adapun tata cara berwudhu dan niatnya adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitul whudu-a lirof’il hadatsii ashghori fardhon lillaahi ta’aalaa

Artinya : “Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardu (wajib) karena Allah ta’ala”

2. Membasuh Pergelangan Tangan

Setelah berniat dilanjutkan dengan membasuh pergelangan tangan dimulai dari ujung jari sampai pergelangan tangan masing-masing sebanyak tiga kali kanan dan kiri

3. Berkumur-kumur dan Memasukkan Air Kedalam Hidung

Dilanjutkan dengan berkumur-kumur sebanyak tiga kali sembari memasukkan air kedalam hidung. memasukkan air kedalam hidung juga bertujuan untuk membersihkan sisa kotoran dan debu yang menempel di dalam rongga hidung.

4. Memasuh Wajah

Membasuh wajah ini dilakukan sebanyak tiga kali dengan batasan kanan kiri di batasi oleh telinga sedangkan bagian atas di batasi oleh kening sebelum menyetuh garis rambut dan bagian bawah sampai dagu.

5. Membasuh Tangan

Yang dimaksud disini membasuh tangan yaitu dimulai dari dari pergelangan tangan hingga siku, bukan malah kebalikannya siku sampai pergelangan itu salah. masing-masing dilakukan sebanyak tiga kali kanan dan kiri.

6. Mengusap Kepala Dilanjutkan Mengusap telinga

Mengusap seluruh kepala dengan cara mengusap dari depan ditarik ke belakang, lalu ditarik lagi ke depan, dilakukan sebanyak satu kali, kemudian dilanjutkan dengan menyapu bagian luar dan dalam telinga sebanyak satu kali.

7. Membasuh Kaki

Membasuh kaki dimulai dari ujung kaki termasuk membersihkan seluruh sela-sela jari kaki sampai diatas mata kaki, semuanya harus terkena oleh air wudhu

8. Membaca Doa Setelah Berwudhu

Setelah seluruh rangkaian tata cara berwudhu selesai dilakukan makan hal terakhir yang tidak boleh kita lupakan adalah berdoa setelah berwudhu. adapun tata cara berwudhu dan doanya setelah berwudhu adalah sebagai berikut:

اَشْهَدُ اَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Asyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuuwa rosuuluhuu, alloohummaj’alnii minat tawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriina, waj’alnii min ‘ibadikash shaalihiina.

Artinya:

“Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh”

9. Tertib dan Berurutan

Seluruh rangkaian tata cara berwudhu dengan benar dilaksanakan secara berurutan antara satu dengan yang lainnya. karena apabila tidak, maka wudhu kita dianggap tidak sah.

Semoga rangkaian tata cara berwudhu yang kami sajikan dapat memberikan manfaat bagi kita semua utamanya bagi penulis sendiri dan dapat lebih memperhatikan bagaimana tata cara berwudhu sesuai sunnah dalam islam semoga kita tergolong kedalam orang-orang yang bertakwa insya Allah.

Sekian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here