11 Hal Hal Yang Membatalkan Shalat

0
98
hal yang membatalkan shalat

Hal hal yang membatalkan shalat – Shalat merupakan rukun islam yang yang kedua sekaligus ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh seluruh umat muslim, mengapa demikina, karena shalat adalah ibadah yang pertama kelak akan dihisap pada hari kiamat tiba. Oleh karena itu kita sepantasnya untuk memperhatikan bagaimana kualitas shalat yang dikerjakan.

Sebelum melaksanakan shalat alangkah baiknya agar memperhatikan seluruh aktivitas yang kita lakukan sebelum melaksanakan ibadah shalat, utamanya hal hal yang membatalkan shalat karena hal tersebutlah yang akan membuat shalat yang kita kerjakan menjadi sia-sia. Apa sajakah hal hal yang dapat membatalkan shalat?

Adapun hal hal yang membatalkan shalat adalah sebagai berikut:

1. Berbicara dengan sengaja

Hal ini berdasarkan hadis riwayat Muawiyah bin Hakam As-Sulami r.a. bahwasannya Nabi saw. bersabda.

“إِنَّ هَذِهِ الصَّلاَةَ لاَ يَصْلُحُ فِيهَا شَىْءٌ مِنْ كَلاَمِ النَّاسِ إِنَّمَا هُوَ التَّسْبِيحُ وَالتَّكْبِيرُ وَقِرَاءَةُ الْقُرْآنِ”. رواه مسلم.

Sungguh shalat ini tidak pantas di dalamnya terdapat sesuatu dari perkataan manusia. Perkataan yang pantas hanyalah tasbih, takbir dan bacaan Al-Qur’an. (HR. Muslim).

2. Melewatkan Salah Satu Rukun Shalat

hal hal yg membatalkan sholat Seluruh selanjutnya ialah memperhatikan rukun dalam shalat, rukun dalam shalat sudah atur di dalam Al-qur’an dan sudah di ajarkan oleh nabi kita Muhammad Shallahu’alaihi wasallam untuk itulah yang dapat menjadi panutan kita,apabila salah satunya kita lewatkan utamanya thuma’ninah, maka dapat dianggap sholat kita batal.

Thuma’ninah dalam shalat itu termasuk salah satu rukun shalat. Shalat tidak dianggap sah atau batal tanpa ada thuma’ninah. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengingatkan kepada salah seorang shahabat yang melakukan shalat dengan buruk :

إِذَا قُمْتَ إِلَى الصَّلَاةِ فَكَبِّرْ ثُمَّ اقْرَأْ مَا تَيَسَّرَ مَعَكَ مِنْ الْقُرْآنِ ثُمَّ ارْكَعْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ رَاكِعًا ثُمَّ ارْفَعْ حَتَّى تَعْتَدِلَ قَائِمًا ثُمَّ اسْجُدْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ سَاجِدًا ثُمَّ ارْفَعْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ جَالِسًا ثُمَّ افْعَلْ ذَلِكَ فِي صَلَاتِكَ كُلِّهَا

Jika engkau berdiri hendak melakukan shalat, maka bertakbirlah, kemudian bacalah ayat al-Qur’an yang mudah bagimu. Setelah itu, ruku’lah sampai engkau benar-benar ruku’ dengan thuma’nînah. Kemudian, bangunlah sampai engkau tegak berdiri, setelah itu, sujudlah sampai engkau benar-benar sujud dengan thuma’nînah. Kemudian, bangunlah sampai engkau benar-benar duduk dengan thuma’nînah. Lakukanlah itu dalam shalatmu seluruhnya !

ارْجِعْ فَصَلِّ فَإِنَّكَ لَمْ تُصَلِّ

Kembalilah dan shalatlah ! karena sesungguhnya engkau belum melakukan shalat.

Dari hadits ini, para ahli ilmu mengambil kesimpulan bahwa orang yang tidak meluruskan tulang punggungnya dalam ruku’ dan sujudnya, maka shalatnya tidak sah atau batal dan dia wajib mengulanginya kembali, sebagaimana sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada salah sahabat yang melakukan shalatnya dengan tidak benar di atas.

3. Tidak Menghadap Kiblat

hal hal yang membatalkan shalat. Sudah dijelaskan didalam Al-qur’an bahwa seseorang jika ingin melaksakan ibadah sholat maka wajib hukumnya mengadap ke kiblat (ka’bah) dan apabila dia tidak menghadap ke kiblat maka sholatnya dianggap batal atau tidak sah

BACA JUGA:

4. Bercerita

Apabila kita memahami bagaimana tentang sholat, seluruh isi bacaan dalam sholat merupakan doa, maka tidak sepantasnya jika seorang hamba bercerita ketika sholat dan apabila itu terjadi maka sholat dia dianggap batal sehingga kita harus lebih memperhatikan hal hal yg membatalkan sholat

5. Makan Dengan Sengaja

Hal hal yang membatalkan shalat, Sama halnya dengan bercerita, sesungguhnya sholat itu memiliki gerakan tersendiri tidak boleh ada gerakan tambahan, apalagi makan dengan sengaja hal ini jelas dapat membatalkan shalat

Melaksanakan kegiatan atau gerakan yang berlebihan serta dan dilakukan beberapa kali berturut-turut. Seperti berjalan 3 tahap dengan terencana ataupun sebab kurang ingat. Ada pula bila aksi itu sedikit, hingga tidak menghapuskan shalat.

6. Berhadas.

Baik itu hadas kecil maupun hadas besar, misalnya di tengah pelaksaan shalat kentut hingga ia berhadas kecil serta shalatnya batal Ataupun seperti seseorang wanita muslimah yang di tengah melaksanakan shalat akan tetapi dalam shalatnya ia tiba-tiba datang bulan, maka seketika itu shalatnya mendadak batal. Perihal ini disebabkan ketentuan sahnya shalat merupakan bersih dari hadas.

7. Terkena Najis

Di mana jijik yang mengenainya tidak terkategori jijik yang dimaafkan atau ditolerirJadi, bila seketika di tengah shalat bajunya ataupun mukenanya terserang jijik yang berair misalnya kotoran cicak yang sedang berair, hingga shalatnya tertunda. Namun bila jijik itu kering, serta beliau langsung mengibaskan bajunya mendadak alhasil lenyap najisnya, hingga shalatnya tidak tertunda.

8. Terbukanya aurat

Seperti yang kita ketahui sebelumnya yang membatalkan shalat ialah apabila auratnya ketika shalat terlihat atau tidak tertutupi ataupun di tengah shalat auratnya nampak tetapi tidak langsung dibenahi. Tetapi, bila terbukanya aurat itu diakibatkan angin, kemudian beliau langsung menutupinya mendadak, hingga shalatnya tidak batal

9. Berubahnya niat

Yang membatalkan shalat dimaksudkan disini Ialah ketika di tengah shalat ia bernazar pergi dan keluar dari shalat, maka seketika itu shalatnya menjadi batal, hal tersebut menjadi bukti bahwa kita harus lebih memperhatikan hal hal yg membatalkan sholat

10. membelakangi kiblat.

Hal hal yg membatalkan sholat disini tentu membelakangi kiblat hal ini jelas membatalkan shalat, sebab ketentuan awal dalam pelaksanaan shalat sebelumnya yaitu dengan melakukan shalat dengan menghadap kiblat (ka’bah)

11. Tertawa

Seseorang dalam melaksanakan shalat diwajibkan untuk khusyuk dalam shalatnya karena shalat kita sedang berhadapan dengan sang pencipta, namun apabila kita tertawa dengan sengaja apalagi sampai terbahak-bahak maka shalatnya tersebut dianggap batal atau tidak sah.

Semoga 10 Hal hal Yang Membatalkan Shalat yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. semoga kita termasuk kedalam orang-orang yang bertaqwa.

sekian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here