10 Keutamaan Shalat Subuh Berjamaah Dimasjid

0
112
Keutamaan shalat subuh berjamaah

Keutamaan Shalat Subuh Berjamaah – Shalat subuh merupakan sholat wajib yang memiliki keutamaan didalamnya, terutama bila dikerjakan secara berjamah di masjid, akan tetapi shalat subuh salah satu shalat wajib yang sangat berat untuk dikerjakan mengapa tidak, shalat subuh dikerjakan disaat semua orang masih terlelap dalam dinginnya waktu subuh. Namun dengan beratnya waktu tersebut sangat sebanding dengan ganjaran yang Allah SWT janjikan untuk hambanya. Terdapat banyak keistimewaan waktu subuh, jangan sampai kita melewatkan sholat subuh berjamaah dimasjid, wajibnya kita mengetaui makna shalat subuh agar senantiasa melaksanakan sholat subuh.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَلَوْيَعْلَمُونَمَافيالعَتَمَةِوَالصُّبْحِلأَتَوْهُمَاوَلَوْحَبْوَاً

“Seandainya mereka mengetahui keutamaan yang ada pada shala Isya’ dan shalat Shubuh, tentu mereka akan mendatanginya sambil merangkak.” (HR. Bukhari no. 615 dan Muslim no. 437)

Namun 2 sholat ini adalah sholat yang berat untuk ditunaikan terutama bagi orang-orang munafik.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَيْسَصَلاَةٌأثْقَلَعَلَىالمُنَافِقِينَمِنْصَلاَةِالفَجْرِوَالعِشَاءِ
وَلَوْيَعْلَمُونَمَافِيهِمَالأَتَوْهُمَاوَلَوْحَبْواً

“Tidak ada shalat yang lebih berat bagi orang munafik selain dari shalat Shubuh dan shalat ‘Isya’. Seandainya mereka tahu keutamaan yang ada pada kedua shalat tersebut, tentu mereka akan mendatanginya walau sambil merangkak.” (HR. Bukhari no. 657).

BACA JUGA: Hal Hal Yang Membatalkan Shalat

Berikut Keutamaan Shalat Subuh Berjamaah di Masjid yang perlu kita ketahui:

1. Shalat Subuh Disaksikan Para Malaikat

Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah di Masjid yang pertama ialah sholat subuh secara berjamaah disaksikan oleh malaikat, hal ini tentu menjadi sebuah nikmat yang patut kita syukuri, itulah pentinya mengetahui makna shalat subuh.

Dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

يتعاقبون فيكم ملائكةٌ بالليل وملائكةٌ بالنهار، ويجتمعون ف ي صلاة الفجر وصلاة العصر، ثم يعرُجُ الذين باتوا فيكم، فيسألهم ربُّهم – وهو أعلم بهم: كيف تركتم عبادي؟ فيقولون: تركناهم وهم يصلُّون، وأتيناهم وهم يصلون.

“­Malaikat bergantian melihat kalian pada siang dan malam. Para malaikat itu bertemu di shalat Subuh dan shalat Ashar. Kemudian yang bermalam dengan kalian naik (ke langit) dan ditanya oleh Rabb mereka, dan Dia lebih tahu keadaan hamba-hambanya, Bagaimana kondisi hamba-hambaku ketika kalian tinggalkan?’ Para malaikat menjawab, ‘Kami meninggalkan mereka dalam keadaan shalat, dan kami mendatangi mereka dalam keadaan shalat.” (HR. Bukhari-Muslim)

Sebagaimana yang dijelaskan dalam QS. Al. Isra’: 78

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآنَ الْفَجْرِ ۖ إِنَّ قُرْآنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

Artinya: Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).

BACA JUGA: Tafsir QS. Al-Isra’: 78

2. Mendapatkan Keberkahan Dari Allah SWT

Keutamaan Shalat Subuh Berjamaah di Masjid Selanjutnya yang wajib kita syukuri ialah dengan melaksanakan sholat subuh berjamaah di masjid kita akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT, baik itu dari segi aktivitas kita, rezeki yang kita dapatkan serta ilmu yang kita pelajari semuanya akan mendapatkan berkah dari Allah SWT. Adapun shalat subuh sendiri yang dilakukan akan tidak sama pahala yang didapatkan dengan shalat subuh berjamaah

3. Mendapatkan Ganjaran Pahala Sholat Sepanjang Malam

Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah di Masjid yaitu dengan melaksanakan shalat subuh berjamaah maka ganjaran pahala yang kita dapatkan sama seperti kita melaksanakan sholat sepanjang malam. Dalam hadits Rasulullah shallallahu alaihi wasallam disebutkan:

مَن صلى العشاء في جماعة، فكأنما قام نصف الليل، ومن صلى الصبح في جماعة، فكأنما صلَّى الليلَ كلَّه

“Barang siapa yang melakukan shalat Isya berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan shalat setengah malam. Barang siapa yang melakukan shalat Subuh berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan shalat malam sepanjang waktu malam itu.”(HR. Muslim, dari Utsman bin Affan Radhiallahu ‘anhu)

4. Mendapatkan Pahala Lebih Baik Dari Pada Dunia Dan Seisinya

Dengan melaksanakan shalat subuh berjamaahita memiliki kesempatan untuk bisa mendapatkan pahala yang sangat besar yaitu kita mendapatkan pahala lebih besar dari dunia dan seisinya dengan rutin melaksanakan sholat sunnah 2 rakaat sebelum subuh atau yang kita kenal dengan sholat fajr. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallaam bersabda:

ركعتاالفجرِخيرٌمنالدنياومافيها

“Dua rakaat shalat shubuh itu lebih baik dari dunia beserta isinya” (HR Muslim – Ahmad).

5. Berpeluang Mendapatkan Pahala Haji dan Umrah

Keutamaan shalat subuh berjamaah

Kita berpeluang untuk mendapatkan pahala haji dan umrah, sebagaimana yang kita ketahui bahwa mengunjungi ka’bah baitulaah menjadi dambaan bagi seluruh umat muslim akan tetapi hanya orang-orang terpilih yang dapat mengunjunginya. Untuk bisa mendapatkan pahala seperti haji dan umrah salah satunya dengan melaksanakan sholat subuh berjamaah dimasjid

6. Tolak Ukur Keimanan

Keutamaan Shalat Subuh Berjamaah menjadi tolak ukur keimanan seseorang. Tidak usah bersusah payah bagaimana mengetahui bagaimanan tingkat keimanan seseorang cukup hanya dengan melihat kebiasaannya menjalankan sholat subuh berjamaah di masjid

7. Terhindar dari Sifat Munafik

Keutamaan Shalat Subuh Berjamaah salah satunya ialah menghindarkan diri dari sifat kemunafikan. Tidak ada yang mengetahui bahwa dalam diri seseorang bisa terhindar dari sifat kemunafikan. Salah satu penolong kita agar dapat terhindar dari sifat kemunafikan yaitu dengan melaksanakan sholat subuh secara berjamaah.

ليس صلاة أثقل على المنافقين من الفجر والعشاء، ولو يعلمون ما فيهما، لأتَوهما ولو حبوًا، ولقد هممتُ أن آمُرَ المؤذِّن فيُقيم، ثم آخُذَ شُعلاً من النار، فأحرِّقَ على من لا يخرج إلى الصلاة بعد

“Tidak ada Shalat yang lebih berat (dilaksanakan) bagi orang munafik daripada shalat Subuh dan Isya. Seandainya mereka tahu (keutamaan) yang terdapat di dalamnya, niscaya mereka akan melakukannya kendati dengan merangkak. Sungguh aku telah hendak memerintahkan kepada petugas azan untuk iqamat (Shalat) kemudian aku mengambil bara api dan membakar (rumah) orang yang belum tidak keluar melaksanakan Shalat (di masjid).” (HR. Bukhari-Muslim, dari Abu Hurairah).

8. Membuka Pintu Rezeki

Keutamaan Shalat Subuh Berjamaah yang dapat kita rasakan manfaatnya, manfaat sholat subuh salah satunya ialah pintu rezeki akan terbuka lebar, karena sesungguhnya Malaikat turun kebumi untuk membagikan rezeki kepada setiap hambanya diwaktu antara shalat subuh hingga terbit matahari.

9. Terhindar Dari Api Neraka

Keutamaan Shalat Subuh Berjamaah yang paling besar akan kita rasakan kelak dihari kemudian ialah kita terhindar dari api neraka. Ini menjadi kabar gembira bagi kita semua bahwa dengan melaksanakan sholat subuh secara berjamaah dapat menjadi penolong kita agar terhindar dari api neraka.

10. Mendapatkan Cahaya Dihari Kiamat

Keutamaan Shalat Subuh Berjamaah yang terakhir ialah mendapatkan cahaya dihari kiamat kelak, sebagaimana yang kita ketahui bahwa waktu subuh identik masih gelap gulita masih sedikit penerangan, akan tetapi dengan melaksanakan sholat subuh bserjamaah di masjid kelak akan mendapatkan cahaya bagi seorang mukmin yang senantiasa melaksanakan sholat subuh berjamaah di masjid.

Sekian Keutamaan Shalat Subuh Berjamaah yang penulis dapat sajikan, semoga apa yang kami berikan dapat bermanfaat bagi kita semua utamanya bagi penulis sendiri. Semoga kita senantiasa senantiasa dpat menjaga sholat subuh berjamaah kita.

Sekian dan Terima Kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here