10 Adab Bertamu Menurut Islam Yang Wajib Kita Ketahui

0
111
adab bertamu menurut islam

Adab Bertamu Menurut Islam – Menyambung tali silahturahmi sangat dianjurkan dalam islam, karena dengan menyambung tali silahturahmi dapat mempererat hubungan persaudaraan dan kekeluargaan. Salah satu bentuk menyambung tali seliahturahmi yaitu dengan berkunjung kerumah saudara atau kerabat atau keluarga muslim yang biasa dikenal dengan istilah bertamu.

Dalam bertamu, terdapat beberapa adab adab bertamu yang harus diperhatikan, salah satunya yaitu dengan menjaga etika atau kesopanan sebagai tamu. Sebaliknya, si penerima tamu juga harus mengetahui bagaimana cara memuliakan tamu yang datang ke rumahnya.

Rasulullah telah mengajarkan umatnya untuk memuliakan tamu. Seorang muslim yang beriman kepada Allah dan hari akhir akan mengimani wajibnya memuliakan tamu sehingga ia akan menempatkannya sesuai dengan kedudukannya.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda:

“Barang siapa yang beriman pada Allah dan hari akhir maka hendaklah dia memuliakan tamunya.” (HR. Bukhari)

Berikut 10 Adab Bertamu Menurut Islam yang Wajib kita ketahui:

1.Memperhatikan Waktu Bertamu.

adab bertamu menurut islam

Islam merupakan agama yang indah, semuanya sudah diatur didalam islam, utamanya waktu bertamu dalam islam, sebelum bertamu atau berkunjung ke rumah kerabat, hendaknya memperhatikan waktu sebelum berkunjung, jangan sampai ketika bertamu diwaktu penghuni rumah sedang sibuk mengerjakan sesuatu aktivitas yang sangat penting sehingga kedatangan kita justru mengganggu orang tersebut. Maka dari itu sebaiknya memperhatikan jam atau waktu-waktu luang penghuni rumah sebelum berkunjung atau bertamu seperti diwaktu sore hari atau ba’da magrib.

2. Hendaknya Memberi Kabar Sebelum Bertamu.

Untuk menghindari bertamu disaat penghuni rumah yang akan dikunjungi untuk bertamu sedang sibuk, maka alangkah baiknya untuk sebelumnya memberikan kabar terlebih dahulu menggunakan ponsel atau media komunikasi lainnya. Sesampainya di rumah orang yang dikunjungi, juga harus meminta izin. Jangan sampai masuk rumah orang sebelum dipersilakan masuk

Sebagaimana yang dijelaskan didalam al-qur’an An-Nur: 27 mengenail dalil adab bertamu tentang meminta izin

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَدْخُلُوا بُيُوتًا غَيْرَ بُيُوتِكُمْ حَتَّىٰ تَسْتَأْنِسُوا وَتُسَلِّمُوا عَلَىٰ أَهْلِهَا ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat.
(QS. An-Nur: 27)

3. Berpakaian Sopan Dan Rapi

Dalam Islam, seseorang diwajibkan untuk menjaga pakaiannya. Yang dimaksud menjaga pakaiannya adalah menjaga kebersihan dan kesopanannya, tidak memperlihatkan aurat dan bentuk tubuh yang tidak sepantasnya diperlihatkan pada orang yang bukan mahromnya. Selain itu, menggunakan pakaian bersih dan rapi saat bertamu menunjukkan penghormatan kita terhadap tuan rumah.

Sebagaimana yang dijelaskan didalam al-qur’an Al-A’raf: 26 mengenail dalil adab bertamu utamnya berpakaian yang sopan

يَا بَنِي آدَمَ قَدْ أَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَارِي سَوْآتِكُمْ وَرِيشًا ۖ وَلِبَاسُ التَّقْوَىٰ ذَٰلِكَ خَيْرٌ ۚ ذَٰلِكَ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ

Artinya: Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat. (QS. Al-A’raf: 26)

BACA JUGA:

4. Memberi Salam dan Cukup 3 Kali Saja, Jika Tidak Ada Jawaban Sebaiknya Kita Pulang

Adab Adab Bertamu Menurut Islam selanjutnya adalah bertamu ke rumah kerabat atau keluarga hendaknya memberi salam kepada pemilik rumah, akan tetapi ketika memberi salam kepada pemilik rumah sebanyak tiga kali (3x) tidak ada jawaban, maka sebaiknya kita pulang karena bisa saja pemilik rumah tidak berada dilokasi atau mmiliki kesibukan yang lain, maka dari itu pentingnya memberi kabar sebelum berkunjung atau bertamu ke rumah kerabat atau keluarga.

5. Tidak Berdiri Tepat di Pintu Masuk

Tidak berdiri tepat dipintu masuk bertujuan untuk menghindakan kita melihat secara langsung keadaan didalam rumah yang kita kunjungi sehingga memberikan kesemppatan untuk pemilik rumah untuk dapat mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut tamu.

6. Hendaknya Memperkenalkan Diri

Ketika bertamu, hendaknya memberi salam kemudian ketika si pemilik rumah bertanya siapa? Hendaknya kita memberitahukan siapa kita agar pemilik rumah mengetahui siapa yang berkunjung ke rumanya.

7. Bersalaman

Ketika bertamu, setelah mengucap salam sebaiknya dilanjutkan dengan bersalaman dengan tuan rumah yang sesama perempuan atau sesama laki-laki untuk menunjukkan hormat dan mempererat tali silaturahmi. Rasulullah bersabda:

“Apabila kamu saling jumpa, maka saling mengucapkan salam dan bersalam- salaman, bila saling berpisah, maka berpisahlah dengan ucapan istigfar.” (HR At Tahawi)

8. Menjaga Sopan Santun

Tidak hanya berpakaian bersih dan rapi, akan tetapi menjaga sopan santun juga merupakan bentuk penghargaan kita kepada pemilik rumah hal ini mencerminkan adab bertamu yang baik

9. Membawa Buah Tangan

Dalam bertamu atau berkunjung kerumah kerabat atau keluarga sebaiknya membawa buah tangan atau hadiah. hal ini dapat menciptakan hubungan yang erat antara pemilik rumah dan tamu yang datang.

10. Mengetahui Batasan Waktu Bertamu

Dalam bertamu atau berkunjung, sebaiknya mengetahui batasan waktu bertamu, di khawatirkan dengan lamanya kita dalam bertamu justru mengganggu ketenangan dan ketentraman pemilik rumah terebih lagi jangan sampai pemilik rumah memiliki agenda lain yang harus segera diselesaikan.

Demikian 10 Adab Adab Bertamu Menurut Islam yang penulis dapat bagikan,semoga apa yang penulis sajikan diatas dapat menjadi pelajaran dan manfaat untuk kita semua utamanya penulis sendiri.

Sekian dan terima Kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here