8 Cara Mendidik Anak Nakal Menurut Islam

0
106
cara mendidik anak nakal dalam islam

Cara Mendidik Anak Nakal Menurut Islam– Dikaruniai oleh Allah seseorang anak dalam suatu keluarga nyatanya sangat membahagiakan untuk para orang tua. Tetapi tidak banyak pula orang tua yang merasa kerepotan serta jengkel oleh kelakuan laris buah hatinya, terlebih lagi bila sang anak berkarakter bandel, nakal, tidak penurut, serta sulit diatur.

Pada saat menghadapi anak dengan karakter yang semacam itu, orang tua merupakan wajib dapat mempraktikkan metode yang sesuai serta tepat dalam menangani kenakalan anak salah satunya cara mendidik anak nakal menjadi baik.

Tidak dipungkiri kalau anak yang sudah terlanjut bandel, nakal, serta sulit diatur memang tidaklah gampang, apalagi buat mengembalikan perilaku anak jadi penurut lagi pastinya menginginkan upaya yang keras serta metode yang pas. Biarpun begitu, janganlah orang berumur hingga mengutip jalur pintas buat kurangi kebandelan anak, contoh seperti menggunakan kekerasan atau marah- marah. Perihal itu bukanlah pas. Bukannya hendak membuat anak kapok, justru bisa membuat kenakalan mereka menjadi lebih parah. Adapun cara mendidik anak nakal yang susah diatur dengan cara mendoakannya sebagaimana yang dijelaskan didalam QS. Al-Furqon: 74

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Artinya: Dan orang orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.

BACA JUGA: Tafsir QS. Al-Furqon: 74

Berikut cara mendidik anak nakal menurut islam yang harus kita ketahui:

1. Bersikap Lembut

Cara Mendidik Anak Nakal Menurut Islam

Cara mendidik anak nakal menurut islam yang pertama yaitu Bersikap kasar dalam menegur kesalahan anak sangatlah tidak benar, sikap yang baik dalam menghadapi anak mulailah menanyakan mengapa anak melakukan kesalahan, karena tidak semua kesalahan yang dilakukan anak itu disengaja.

2. Memberikan Batasan Tapi Tidak Menekan

Biarkan anak menciptakan pilihan sesuai umurnya, misalnya memberikan mereka durasi bersantai dari agenda hariannya yang padat. Tetapi, mereka pula harus tahu kalau ada batas yang mesti dipatuhi, sebab dikhawatirkan anak justru terus menjadi leluasa ataupun memalsukan Kamu buat memberikan lebih banyak kebebasan padanya. Ingat buat tidak berubah- ubah pada peraturan yang kamu tetapkan.

3. Memberikan Contoh Yang Baik Kepada Anak

Harapan setiap orang tua ingin melihat anak menjadi baik perilakunya dan ada baiknya jika kita sebagai orang tua memulai dari diri sendiri agar bisa menjadi contoh yang baik untuk anak. sangat lebih baik jika perilaku orang tua sehari-hari menjadi contoh yang baik, bukan hanya menasehati namun tidak memberi contoh karena bisa jadi nasehat yang terus-terusan diberikan tanpa memberikan contoh tidak akan didengarkan oleh anak.

BACA JUGA:

4. Memberikan Pujian Saat Anak Berbuat Baik

Senantiasa memberikan pujian kepada anak saat anak sedang berbuat baik jadi tidak hanya memarahinya saat melakukan kesalahan saja agar anak lebih bahagia dan mampu meninggalkan kebiasaan buruknya. akan lebih baik jika orang tua memberinya hadiah atas perilaku baiknya, contoh memberikannya makanan kesuakaannya atau hadiah-hadiah kesukaanya.

5. Memberi Perhatian Namun Tetap Tegas

Memberikan perhatian dan kasih sayang kepada anak namun tetap ada penegasan dalam pilihan anak, contoh anak meminta sesuatu kepada orang tua namun tidak sesuai dengan kebutuhan anak yang akan menganggu pelajaran atau memberikan dampak negatif kepada anak, kita sebagai orang tua tidak harus mengikuti kenginan dan memberikan penolakan dengan cara yang tegas dan tetap memberikan pengertian kepada anak tentang dampaknya agar anak mampu menangani kekecewaannya.

6. Memberikan Aturan dan Sanksi Yang Tegas

Memberikan aturan dan sanksi juga efektif dalam mendidik anak, jika anak masih saja nakal walaupun sering sekali dinasehati dan diberikan contoh tentulah orang tua harus memberikan aturan yang tegas dan apabila anak melanggar aturan berikanlah sanksi, seperti contoh ibu memberikan batas waktu bermain yang sudah ditentukan, jika anak malanggar waktu bermain berikan sanksi untuk tidak bermain lagi sampai batas waktu yang ditentukan atau memberikan sanksi menghafalkan surah-surah pendek yang biasa dihafalkan oleh sebayanta.

7. Mencari permasalahan yang di hadapi anak

Mencari permasalahan yang di hadapi anak juga harus dilakukan orng tua, kemungkinan besar anak sangatlah membutuhkan perhatian khusus atau sengat membutuhkan bantuan kita, diskusikan dengan anak apa permasalahan yang sedang di hadapi terlepas itu kita orang tua memanglah harus dan wajib mengetahui lebih deket permasalahan setiap anak kita, itulah pentingya mengetahui cara mengatasi anak nakal menurut islam

8. Hindari Membentak Anak Depan Umum

Anak biasanya juga melakukan kesalahan didepan umum, tahanlah diri untuk memarahi anak didepan umum karena anak kadang tak sengaja melakukan kesalahan. carilah waktu yang tepat untuk menasehatinya, ini salah satu cara mengatasi anak nakal dalam islam yang paling ampuh dengan cara yang tepat

Demikian pembahasan mengenai cara mendidik anak nakal menurut islam semoga artikel ini memberikan manfaat bagi kita semua utamanya bagi penulis sendiri

sekian dan terimakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here