6 Akibat Meninggalkan Shalat Subuh Dengan Sengaja

0
114
akibat meninggalkan shalat subuh

Akibat meninggalkan shalat subuh dengan sengaja – Pembahasan sebelumnya kita sudah membahas pada postingan sebelumnya tentang keutamaan sholat subuh berjamaah di masjid, kali ini kita akan membahas bahas bagaimana kerugian bagi umat muslim yang meninggalkan sholat subuh. Beberapa dari kita mungkin telah mengetahui bahwa ntuk mengukur tingkat keimanan seseorang, maka lihatlah dia diwaktu subuh. mengapa demikian? karena waktu subuh terdapat banyak keutamaan dan keistimewaan didalamnya sehingga Allah SWT memerintahkan umatnya untuk melaksanakan shalat diwaktu subuh.

Shalat subuh juga merupakan kewajiban bagi umat muslim, apabila ditinggalkan maka akan mendapatkan banyak kerugian. Bukankah didalam al-qur’an dan hadits telah dijelaskan bahwa sholat lebih baik dari pada tidur, bukankah ini menjadi tolak ukur kita betapa mulianya sholat utamanya sholat subuh.

Berbagai macam alasan seseorang sehingga tidak melaksanakan sholat subuh salah atu diantaranya ialah tidur dan tidak mendengar waktu subuh, ada pula terbangun diwaktu subuh namun karena diselimuti rasa malas sehingga ia enggan untuk melaksanakan sholat subuh, padahal ia tidak mengetahui betapa ruginya seseorang yang meninggalkan sholat subuh utamanya sholat subuh berjamaah.

BACA JUGA:

Ini akibat meninggalkan shalat Subuh dengan sengaja salah satu diantaranya sebagai berikut:

1. Termasuk Kedalam Golongan Orang Munafik

Akibat meninggalkan shalat subuh yang pertama adalah dia termasuk kedalam golongan orang-orang yang munafik

“Sesungguhnya shalat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak.” (HR. Bukhari no. 657 dan Muslim no. 651)

“Tidak ada shalat yang lebih berat dirasakan oleh orang munafik melebihi shalat Subuh dan shalat Isya’. Seandainya mereka tahu apa-apa yang ada padanya, pastilah mereka mendatanginya meskipun dengan harus mengesot. Dan sungguh, aku berpikir untuk meyuruh muadzin mengumandangkan iqamat. Lalu aku suruh seseorang untuk mengimami manusia, sementara itu kuambil api dan kubakar (rumah) orang-orang yang tidak keluar (mengerjakan) shalat subuh. (Al-Lu’lu wal Marjan no. 383)

2. Tidak Disaksikan Oleh Malaikat

Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa seseorang yang melaksanakan sholat subuh akan disaksikan oleh malaikat dan akan dicatatkan kebaikan dan amal untuk dirinya, namun bila dia meninggalkan sholat subuh maka hilanglah kesempatannya untuk mendapatkan amalan yang istimewa yang disaksikan oleh malaikat diwaktu subuh hal inilah menjadi salah satu akibat meninggalkan shalat subuh

sebagaimana yang dijelaskan didalam Al-qur’an Surah Al-Isra’: 78

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآنَ الْفَجْرِ ۖ إِنَّ قُرْآنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

Artinya: Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat) (QS. Al-Isra’: 78)

BACA JUGA: Tafsir QS. Al-Isra’: 78

3. Tidur Bersama Syaitan Dan Telinganya Dikencingi Syaitan

Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan bahwa Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu bertutur; “Disebutkan di hadapan Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam adanya orang yang tidur semalaman sampai pagi tiba. Beliau bersabda, “Itulah orang yang kedua telinganya dikencinginya setan. (Shahih al-Bukhari no. 1144 dan Muslim no. 774)

Mensyarah hadits ini, Ibnu Hajar menulis, “Ada yang mengatakan bahwa maknanya setan menguasainya dan menghinakannya sampai-sampai menjadikannya sebagai tempat kencing. Kebiasaan orang yang menghinakan sesuatu adalah mengencinginya. Saya katakan, ‘Siapa yang rela dihinakan seperti itu dan menjadikan telinganya sebagai tempat kencingnya setan.

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu menyatakan bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

“Setan membuat tiga simpul di tengkuk salah seorang dari kalian saat dia tidur. Di setiap itu dia menghembuskan, ‘Malammu masih panjang, tidurlah!’ jika dia bangun dan berdzikir kepada Allah, maka lepaslah satu simpul lagi. Dan jika dia berwudhu, maka lepaslah satu simpul lagi. Dan jika dia shalat lepaslah simpul-simpul itu semuanya. (jika sudah begitu) pagi harinya dia akan bersemangat dan jiwanya bersih. Jika tidak, jiwanya kotor dan malas.’ (Hadits Al-Bukhari no, 3269)

4. Mendapatkan Adzab

Akibat meninggalkan shalat subuh merupakan sebuah kerugian yang besar yang akan didapatkan kelak ketika seseorang enggan untuk melaksanakan sholat subuh ialah mendapatkan adzab yang sangat pedih serta mendapat hukuman meninggalkan shalat subuh yang Allah SWT akan berikan kepada orang-orang yang tidak melaksanakan shalat subuh atau meninggalkannya dengan sengaja.

5. Dihinakan Oleh Allah

Kerugian akibat meninggalkan shalat subuh tidak lain adalah akan dihinakan oleh Allah SWT dihari kemudian kelak. TIdak ada pertolongan yang dapat kita melainkan hanya pertolongan Allah SWT.

6. Mendapatkan Siksa Api Neraka

Balasan kelak bagi orang-orang yang selalu meninggalkan sholat subuh balasannya ialah mendapatkan siksa neraka. Naudzubillah. Semoga kita senantiasa terlindung dari siksa api neraka.

Semoga kita senantiasa melaksanakan sholat subuh dan sholat 5 waktu agar Allah SWT senantiasa menjaga dan melindungi kita dari siksa dan adzab karena meninggalkan sholat subuh.

Semoga sajian kali ini mengenai akibat meninggalkan shalat subuh dengan sengaja dapat memberikan manfaat bagi kita semua utamanya bagi penulis sendiri.

Sekian dan Terima

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here