5 Keutamaan Sedekah Pagi Yang Perlu Kita Ketahui

0
212
keutamaan sedekah pagi

Keutamaan Sedekah pagi – Bersedekah merupakan sebuah amalan yang paling dianjurkan didalam ajaran islam, mengapa demikian, karena bersedekah dapat meringankan beban sesama saudara muslim yang lainnya. Selain itu dengan bersedekah juga dapat membangun hubungan silahturahmi, bersedekah juga dapat membawa kebahagian bagi seseorang yang menjalaninya karena dengan sedekah yang dilakukannya memberikan dampak kebahagiaan bagi orang lain sehingga hal itu dapat membuat hati kita juga merasa bahagia.

Sedekah dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja akan tetapi apabila memperhatikan waktu terbaik untuk bersedekah akan jauh lebih baik, seperti sedekah pagi, terdapat keutamaan sedekah pagi hari apabila kita senantiasa mengamalkannya, terlebih waktu pagi adalah waktu dimana malaikat turun kebumi untuk membagikan rezeki Allah SWT lebih tepatnya yaitu diawal pagi atau waktu subuh.

BACA JUGA:

Berikut keutamaan sedekah pagi hari yang patut kita ketahui:

1. Membuka Pintu Rezeki

keutamaan sedekah pagi

Keutamaan sedekah pagi hari yang pertama, seperti yang kita tahu sebelumnya bahwa dengan bersedekah yang dilakukan seorang muslim hal itu tidak akan membuatnya kekurangan harta, justru dengan bersedekah yang dilakukannya dapat membuka pintu rezeki selebar-lebarnya, mengapa demikian karena dengan bersedekah ia telah membelanjakan hartanya dijalan Allah SWT.

Sebagaimana yang terdapat didalam qur’an surah Talaq ayat 7

لِيُنْفِقْ ذُو سَعَةٍ مِنْ سَعَتِهِ ۖ وَمَنْ قُدِرَ عَلَيْهِ رِزْقُهُ فَلْيُنْفِقْ مِمَّا آتَاهُ اللَّهُ ۚ لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا مَا آتَاهَا ۚ سَيَجْعَلُ اللَّهُ بَعْدَ عُسْرٍ يُسْرًا

Artinya: Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sekedar apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan. (QS. Talaq: 7)

BACA JUGA: Tafsir QS. Talaq: 7

Adapun contoh sedekah pagi yang yang dapat kita lakukan yaitu ketika dalam perjalanan menuju tempat bekerja dipagi kita melihat seseorang yang kurang mampu, maka alangkah baiknya gar memberikan sebagian kecil dari harta yang kita miliki atau dapat juga dengan memasukkan sebagian rezeki yang kita miliki kedalam kotak amal masjid ketika selesai melaksanakan shalat subuh dimasjid.

2. Mempermudah dan Melancarkan Urusan Pada Hari Itu

keutamaan sedekah pagi bukan hanya dibukakan pintu rezeki oleh Allah SWT, akan tetapi seseorang yang bersedekah dilakukan dengan penuh keikhlasan maka Allah SWT pasti akan mempermudah dan melancarkan semua urusan dan permasalahan yang kita hadapi pada hari itu juga.

3. Mendapatkan Keberkahan

Dengan melakukan sedekah pagi, bukan hanya memudahkan segala urusan akan tetapi dengan sedekah yang dilakukan pada saat itu Insya Allah harta yang kita dapatkan dengan hasil jerih payah akan mendapatkan keberkahan sedikit atau banyaknya tetap harus disyukuri

4. Sedekah Pagi Didoakan Malaikat

Sedekah pagi dilakukan dengan niat yang tulus dan ikhlas karena Allah SWT Insya Allah kita akan didoakan oleh malaikat dipagi hari.

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

“Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga).” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah).” (HR. Bukhari no. 1442 dan Muslim no. 1010).

Perlu diketahui bahwa doa malaikat merupakan doa yang mustajab, benar – benar mudah diijabahi atau dikabulkan.

Doa tersebut diperuntukkan kepada orang yang mencari nafkah.

Ibnu Batthol menyebutkan bahwa yang dimaksud adalah mengeluarkan infak yang wajib seperti nafkah untuk keluarga dan nafkah untuk menjalin hubungan kekerabatan (silaturahim).

Doa malaikat itu mudah terkabul –kata Ibnu Batthol- dalilnya adalah berikut ini,

فَمَنْ وَافَقَ تَأْمِينُهُ تَأْمِينَ الْمَلاَئِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Siapa yang bacaan aminnya itu seiringan dengan amin malaikat, maka dosanya yang lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 6402)

5. Terkabulnya Permintaan

Setiap umat manusia pasti memiliki keinginan entah itu harta, kebahagian kesehatan dan lain sebagainya semua tidak lepas dari doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT, dengan rutin bersedekah utamanya melakukan sedekah pagi hari tanpa kita sadari Allah SWT mengabulkan setiap permintaan yang dipanjatkan didalam doa oleh hambanya yang senantiasa sedekah pagi hari.

Demikan pembahasan kami mengenai keutamaan sedekah pagi semoga apa yang kami berikan dapat menjadi motivasi bagi kita semua untuk senantiasa bersedekah terutama dijalan Allah SWT

Sekian

Terima Kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here