8 Keutamaan Bersedekah Dalam Islam

0
136
keutamaan bersedekah dalam islam

Keutamaan bersedekah dalam islam – Bersedekah merupakan perbuatan yang sangat dianjurkan didalam islam yang dimana bertujuan untuk meringankan beban dan memberikan kebahagiaan kepada saudara-saudara sesama muslim tanpa batasan nominal dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Sedekah juga merupakan bukti keimanan kita kepada Allah SWT, bahwasanya kelak kita akan melihat balasan atas apa yang kita lakukan termasuk seluruh bentuk sedekah yang kita lakukan selama berada didunia. Salah satu bentuk bahwa sedekah merupakan bukti keimanan seorang hamba disebabkan manusia memiliki sifat cinta terhadap harta yang didapatkannya dan tidak ingin berpisah dengan harta yang dimilikinya. Hanya seorang hamba yang memiliki keimanan yang kuat yang dapat melawan itu. Sedekah adalah bentuk keimanan sedangkan yang memiliki sifat kikir dan pelit termasuk kedalam lemah dalam imannya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut harta sebagai fitnah terbesar bagi umatnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ لِكُلِّ أُمَّةٍ فِتْنَةً، وَفِتْنَةَ أُمَّتِي الْمَالُ

“Sesungguhnya pada setiap umat ada fitnah (ujian), dan fitnah umatku adalah harta” (HR. Bukhari).

Berikut 8 Keutamaan bersedekah dalam islam:

1. Sedekah Tidak Mengurangi harta dan Rezeki

Keutamaan Bersedekah Dalam Islam

Apabila seorang muslim bersedekah kepada saudara-saudaranya dengan iman yang kuat maka dengan bersedekah yang ia lakukan maka hal tersebut tidak akan membuat rezekinya berkurang.

مَّن ذَا ٱلَّذِى يُقْرِضُ ٱللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَٰعِفَهُۥ لَهُۥٓ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَٱللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْصُۜطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

Artinya: Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan. (QS. Al-Baqarah: 245)

BACA JUGA: Tafsir QS. Al-Baqarah: 245

2. Bersedekah Dapat Menambah dan Membuka Pintu Rezeki

Dengan iman yang dimiliki seorang hamba yang bersedekah iya tidak akan merasa takut akan kehilangan rezeki akan tetapi memiliki keyakinan bahwa Allah akan membukakannya pintu rezeki yang lebih baik dan yakin Allah akan melipat gandakan harta yang dimilikinya. Rezeki yang Allah lipat gandakan atau pintu Rezeki yang Allah bukakan bukan hanya dengan uang, akan tetapi juga kesehatan dan kebahagiaan dalam hidup.

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu bahwasannya Rasulullah Shallallahu’ alaihi wasallam bersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلَانِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا وَيَقُولُ الْآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Artinya

“Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun dua malaikat. Lalu salah satunya berkata, “Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya”, sedangkan yang satunya lagi berkata, “Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil).” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

3. Sedekah Merupakan Penghapus Dosa

Keutamaan Bersedekah dalam islam dapat menjadi penghapus dosa seorang hamba yang yang bersedekah dengan iklas karena berharap ridho dari Allah Swt maka dosanya akan diampuni oleh Allah Swt dengan catatan harus dibarengi dengan taubat dan memohon ampun kepada Allah.

Sebagaimana dalam hadits keutamaan bersedekah, Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda :

والصدقة تطفىء الخطيئة كما تطفىء الماء النار

Artinya “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi)

4. Dijauhkan dari Siksa Api Neraka.

Allah memberikan ganjaran kepada hambanya yang gemar bersedekah, kelak akan dengan sedekah yang dilakukannya selama didunia akan menyelamantkannya dari siksa api neraka meskipun yang ia sedekahkan itu hanyalah sedikit akan tetapi penuh dengan keikhlasan maka sedekahnya tersebutlah yang menyelamatkannya kelak.

Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda: “Jauhilah api neraka walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimat Thayyibah.” (HR Bukhari dan Muslim).

5. Sedekah Dapat Memberikan Kebahagiaan

Apabila seorang muslim dengan penuh keikhlasan melakukan sedekah maka akan memberikan kebahagiaan terhadap dirinya, minimal ia akan bahagia melihat orang lain bahagia mendapatkn rezeki yang kita berikan kepadanya.

BACA JUGA:

6.Sedekah Dapat Memanjangkan Umur.

Salah satu amalan ringan yang dapat dilakukan yang begitu besar manfaatnya yaitu bersedekah, karena bersedekah dengan keikhlasan mka akan memanjangkan umur.

Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda “Sesungguhnya sedekah seorang muslim dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang su’ul khotimah, Allah akan menghilangkan sifat sombong, kefakiran dan sifat berbangga diri darinya.” (HR. Thabrani)

7. Sedekah Dapat Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Dengan bersedekah bukan hanya memanjangkan umur, akan tetapi dapat mengobati berbagai penyakit jika diniatkan dengan keikhlasan dan berdoa atas kesembuhan dari penyakit yang diderita.

Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda “Sesungguhnya sedekah seorang muslim dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang su’ul khotimah, Allah akan menghilangkan sifat sombong, kefakiran dan sifat berbangga diri darinya.” (HR. Thabrani).

8. Sedekah Merupakan Amal Jariyah.

Keutamaan bersedekah dalam islam yang terakhir ialah sedekah memiliki pahala yang sangat besar salah satunya ialah menjadi amal jariyah kita kelak pahalanya akan kita rasakan meskipun telah meninggal dunia.

Rosulullah Sholallahu Alaihi Wassalam “Apabila anak Adam meninggal dunia maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shaleh yang mendoakan kedua orang tuanya.” (HR. At-Tirmidzi).

Semoga Sajian yang kami berikan tentang keutamaan bersedekah dalam islam dapat memberikan manfaat bagi kita semoga, semoga kita tergolong orang yang kuat keimanannya dengan dibuktikan dengan senantiasa bersedekah kepada saudara-saudaranya sesama muslim.

sekian. Terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here