Home Amalan 3 Jenis Sedekah Jariyah dan Keistimewaannya Dalam Islam

3 Jenis Sedekah Jariyah dan Keistimewaannya Dalam Islam

0
55
sedekah jariyah dan keistimewaannya

Sedekah jariyah dan keistimewaannya – Sejak zaman Rasulullah Saw, umat islam percaya bahwa apabila mengerjakan kebaikan, maka Allah akan membalas segala perbuatan yang telah dilakukan oleh umatnya. Salah satu perbuatan atau amalan yang dapat mengalirkan amalan sampai akhir hayat salah satunya sedekah jariyah.

Di dalam Al-qur’an beberapa kali disebutkan bahwa sedekah merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam islam, kebanyakan diantara kita umat manusia beranggapan bahwa bersedekah membuat kita miskin tau menyia-nyiakan rezeki yang telah kita dapatkan akan tetapi pernyataan itu salah, justru dengan bersedekah maka kita telah membuka pintu rezeki atau menambah rezeki kita, selain bersedekah dapat membuka pintu rezeki, bersedekah juga merupakan bentuk rasa syukur kita kepada Allah Swt yang telah memberikan rezekinya kepada kita selain itu dengan sedekah dapat menjadi tabungan amal jariyah kelak.

Beberapa dari kita mungkin bertanya-tanya, apa itu sedekah jariyah. Pada hakikatnya sedekah jariyah adalah meminjamkan harta kita kepada Allah Swt sehingga dapat bermanfaat untuk orang lain. Dengan kita meminjamkan harta kita kepada Allah maka Allah akan menggantinya melebihi dari apa yang kita sedekahkan. Sedangkan Jariyah artinya mengalir, dengan bersedekah dijalan Allah seperti membangun mesjid, membangun jalan, dan sebagainya yang memberikan manfaat untuk orang lain maka pahalanya akan mengalir kepada kita.

Makna dasar dari sedekah jariah atau pengertian sedekah jariyah adalah memberikan sebagaian harta kita kepada orang lain yang membutuhkan sehingga memberikan manfaat bagi orang lain secara terus menerus. Allah menyebutkan pahala sedekah jariah tidak akan terputus meskipun orang yang melakukannya sudah meninggal dunia seperti atau biasa dikenal dengan amal jariyah yang disebutkan dalam Al-Qur’an At-Tin ayat 6. Sedekah ada beberapa macam bentuk, bisa berupa hartanya, ilmunya, bahkan amal perbuatannya

إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَلَهُمْ أَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُونٍ

“Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; maka mereka akan mendapat pahala yang tidak akan terputus.” (QS At-Tin: 6)

BACA JUGA: Tafsir QS. At-Tin: 6

Mayoritas umat islam percaya bahwa Sedekah Jariyah dan keistimewaannya tidak wajib yang dapat dipilih untuk dilakukan atau tidak mengerjakannya. Selain itu, tidak ada batasan besaran dalam melakukan sedekah jariyah tetapi kita juga harus mengerjakannya seguia sengam kemampuan dan mengetahui tatacara bersedekah yang dianjurkan dalam Islam. Perlu diketahui bahwa selama kita bersedekah maka itu tercatat sebagai perbuatan baik dan Allah maha mengetahui segalanya. Untuk mengetahui sedekah jariyah itu apa saja simak pembahasannya dibawah ini.

BACA JUGA:

Beberapa ulama berpendapat bahwa sedekah jariyah dan keistimewaannya terbagi dalam 3 jenis, yatu diantaranya:

1. Wakaf

sedekah jariyah dan keistimewaannya

Wakaf disebut sedekah karena memberikan sebahagian dari harta kita yang dimiliki. Tidak ada batasan dalam pemberian jumlah sedekah yang diwakafkan, selama itu memberikan manfaat bagi penerimanya. Adapun harta yang dapat diwakafkan salah satu diantaranya bisa berupa uang, tanah, rumah ibadah (masjid), sekolah, pembangunan jalan dan masih banyak lagi itulah sebagian harta yang dapat menjadi sedekah jariyah kelak amalnya akan terus mengalir meskipun kita telah wafat tau meninggal, apa yang telah kita bangun namun masih bermanfaat bagi orang lain maka amalnya akan terus mengalir hingga Hari kiamat tiba.

2. Ilmu Yang Bermanfaat

Ilmu yang dimiliki seseorang akan menjadi sedekah jariyah atau amal jariyah apabila ilmu yang telah dia milikinya dan pelajari kemudian diajarkan kepada orang lain kemudian ilmu tersebut memberikan manfaat untuk orang lain kemudian orang diajarkan pula kembali mengamalkannya maka amalnya akan terus mengalir kepada kita meski kelak kita telah wafat pahalnya akan terus mengalir sehingga menjadi amal jariyah untuk kita

3. Anak Yang Shaleh

Sedekah jariyah dan keistimewaannya yang terakhir adalah anak yang shaleh. Anak yang sholeh akan senantiasa mendoakan orang tuanya agar dosa-dosanya diampuni Allah,sedekah ini sangat besar manfaatnya dengan amal kebaikan yang dilakukan anak kepada orang tua, maka dari itu pentingnya mendidik anak sejak kecil utamanya mengajarkan tata cara solar dan beribadah agar anak senantiasa terbiasa dengan sholat dan berdoa kemudian mendoakan orang tuanya sehingga menjadi amal jariah untuk orang tuanya

Dari Abdullah bin Umar RA, Rasulullah SAW bersabda: “Keridhaan Allah bergantung kepada keridhaan kedua orangtua dan murka Allah juga bergantung kepada murka kedua orang tua.” (HR At-Tirmidzi (no. 1900)).

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Ankabut ayat 8 disebutkan:

وَوَصَّيْنَا ٱلْإِنسَٰنَ بِوَٰلِدَيْهِ حُسْنًا ۖ وَإِن جَٰهَدَاكَ لِتُشْرِكَ بِى مَا لَيْسَ لَكَ بِهِۦ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَآ ۚ إِلَىَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

Artinya: “Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu-bapaknya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu Aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.” (QS Al-Ankabut: 8)

Demikian pembahasan kami mengenai 3 jenis sedekah jariyah dan keistimewaannya, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kitasemua utamanya bagi penulis sendiri.

Sekian

Terima kasih

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here