Doa Untuk Keluarga Tercinta Didalam Al Qur’an

0
275
doa untuk keluarga tercinta

Doa untuk keluarga tercinta – Ada pepatah mengatakan bahwa rumahku adalah istana ku atau rumahku adalah surgaku. Pepatah tersebut bukan hanya sekedar kata-kata akan tetapi pepatah tersebut memiliki makna yang sangat dalam. Pepatah tersebut mengatakan rumah, akan tetapi dalam konteks tersebut sebenarnya rumah mengarah kepada kepada penghuninya yaitu keluarga.

Didalam keluarga terbagi menjadi dua bagian, yaitu keluarga besar dan keluarga inti. Keluarga inti terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Disisi lain, keluarga besar memiliki ruang lingkup yang lebih luas yaitu terdiri dari ayah, ibu, anak, kakek, nenek, paman, bibi, dan sebagainya.

Keluarga merupakan lingkungan yang pertama kita kenali sejak kita dilahirkan ke dunia ini. Dalam keluarga, kita mempelajari nilai-nilai kehidupan dan keterampilan dasar yang akan sangat bermanfaat sebelum bergabung dengan komunitas yang lebih luas, yaitu masyarakat. Karena itulah peran keluarga dapat dikatakan sangat penting untuk menunjang masa depan. Ketika sesorang tumbuh dari keluarga yang baik dan memiliki prinsip yang kuat, maka akan tercipta perilaku dan akhlak yang baik, begitu pula sebaliknya hal itu menunjukkan bahwa betapa pentingnya mendidik anak secara islami demi mendapatkan keluarga bahagia dunia dan akhirat

Menjadi keluarga bahagia dan saling mendukung satu sama lain merupakan hal yang sangat penting. Untuk menggapai hal tersbut, kita dapat menerapkan cara-cara indah bagaimana menjaga ikatan keluarga. Akan tetapi, yang terpenting adalah bagaimana membuat kebersamaan dalam keluarga itu langgeng dan tidak akan pernah menemui ujungnya. Apakah ini mungkin? Tentu saja. Kita dapat menggapainya dengan memfokuskan hanya kepada Allah apa yang kita lakukan dalam hidup ini hendaknya berniat hanya kepada Allah, semunya karena Allah dan memiliki prinsip bahwa surga dan kebahagiaan dunia dan akhirat sebagai tujuan kita.

Orang-orang yang senantiasa melakukan amal shaleh maka kelak akan dikumpulkan di surga, tidak peduli mereka berkeluarga atau tidak, karena yang menentukan adalah tingkat ketakwaannya. Oleh karena itu, jika kita ingin berkumpul kembali dengan keluarga di akhirat, kita harus melakukan amar ma’ruf nahi munkar kepada mereka. Dukung mereka untuk melakukan perbuatan baik, dan ingatkan mereka untuk tidak melakukan perbuatan buruk.

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ ۗ وَلَوْ آمَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ ۚ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ

“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.” (Ali-Imran: 110)

Namun, usaha tersebut tidak cukup. Hanya Allah yang dapat membolak-balikkan hati setiap makhluk-Nya. Bagaimana pun usaha yang kita lakukan sebesar apapun usaha yang kita lakukan hal tersebut tidak akan mengubah orang lain, itu akan sia-sia tanpa pertolongan Allah. Oleh karena itu, kita perlu berdoa sebagai pendamping usaha kita kita lakukan salah satunya dengan banyak berdoa dengan doa untuk keluarga tercinta.

BACA JUGA:

Ada banyak doa untuk keluarga tercinta yang disebutkan dalam Al-Qur’an. Namun, agar lebih mudah untuk diterapkan, kami memberikan beberapa referensi, salah satunya sebagai berikut:

1. QS. Al Baqarah 201

doa untuk keluarga tercinta

Doa untuk keluarga tercinta yang pertama terdapat dalam QS. Al-Baqarah, do’a ini mungkin sering kita bacakan di akhir shalat kita. Ini mencakup hal-hal yang paling dibutuhkan manusia salah satunya ialah kebaikan di dunia dan di akhirat, dan perlindungan dari siksa neraka. Sungguh doa yang sempurna.

وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka” (QS. Al-Baqarah: 201).

2.QS. Al Furqan ayat 74

Berada dalam keluarga yang menjalin hubungan yang erat dengan Allah merupakan hal yang sangat berharga. Setiap manusia pasti menginginkannya. Dalam keluarga seperti ini, siapa pun bisa menjadi contoh bagi orang lain. Anak tentu belajar dari orang tua, dan orang tua juga bisa belajar dari anaknya.

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

“Dan orang orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Furqan: 74)

BACA JUGA:

3. QS. Ali-Imran Ayat 38

Doa Untuk keluarga tercinta yang tidak kalah penting adalah doa untuk anak karena kelak anak yang akan menjadi penerus kita kedepannya. Mereka harus lebih baik dari diri kita sendiri, karena Islam melarang kita meninggalkan generasi lemah di belakang kita. Do’a di bawah ini bisa menjadi salah satu yang paling bagus diamalkan untuk memohon keturunan yang baik dari Allah, do’a tersebut diucapkan oleh Nabi Zakaria.

هُنَالِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّهُ ۖ قَالَ رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

“Di sanalah Zakariya mendoa kepada Tuhannya seraya berkata: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.” (QS. Ali-Imran: 38)

4. QS. Al Ahqaf Ayat 15

Hal lain yang juga harus kita minta dari Allah adalah rasa syukur atas apa yang telah Allah berikan kepada kita dan kemampuan untuk selalu berbuat baik untuk mendapatkan nilai-nilai syukur dalam Islam. Ada pepatah yang mengatakan bahwa orang tidak pernah puas. Tapi, dalam Islam, kita seharusnya bersyukur atas hal-hal yang tak terhitung jumlahnya dalam hidup kita. Rasa syukur tidak datang karena kita bahagia, justru kita akan bahagia karena kita mengisi hidup kita dengan rasa syukur, berikut doa untuk keluarga tercinta dalam al qur’an yang keempat yang penulis bagikan

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَانًا ۖ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا ۖ وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْرًا ۚ حَتَّىٰ إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي ۖ إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

“Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.” (QS. Al-Ahqaf: 15)

Demikan doa untuk keluarga tercinta yang dapat penulis bagikan, semoga apa yang saya bagikan dapat bermanfaat bagi kita semua utamanya diri penulis sendiri.

Sekian dan Terima Kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here