Pengertian Adab Dan Macam Macam Adab Dalam Islam Dikehidupan Sehari Hari

0
202
macam macam adab dalam islam

Macam macam adab dalam islam – Akhlak dan Adab adalah sebuah perkara yang sangat penting dan bukan perkara yang mudah, maka dari itu dalam islam adab sesuatu yang tidak boleh dipandang enteng. Dalam islam, permasalahan adab merupakan bagian akhlak sehingga harus mendapat perhatian serius yang tidak akan didapatkan pada tatanan manapun. Hal ini dikarenakan syariat Islam merupakan kumpulan dari aqidah, ibadah, akhlak, dan muamalah. Semua ini tidak bisa dipisah-pisahkan. Manakala seseorang mengesampingkan salah satu dari perkara tersebut, misalnya akhlak, maka akan terjadi ketimpangan dalam perkara dunia dan akhirat maka dari itu pentingnya untuk mengetahui macam macam adab dalam islam

Berikut pengertian dan macam macam adab dalam islam dikehidupan sehari-hari yang dapat diamalkan:

Adab dalam bahasa arab yang artinya budi pekerti, tata krama, atau sopan santun. arti adab secara keseluruhan yaitu segala bentuk sikap, perilaku atau tata cara hidup yang mencerminkan nilai sopan santun, kehalusan, kebaikan, budi pekerti atau akhlak. orang yang beradab adalah orang yang selalu menjalani hidupnya dengan aturan dan penuh sopan santun. seluruh aktivitas manusia akan terasa baik apabila seluruh aktivitas dalam kehidupannya tidak pernah lepas dari adab adab yang di jalananinya.

Saudaraku yang seiman, ketahuilah bahwa seseorang yang beradab sudah pasti berilmu akan tetapi seseorang yang berilmu belum tentu beradab. Seorang manusia yang berilmu tentu yang membedakan antara manusia dan hewan yaitu karena manusia memiliki akal, akan tetapi tingkatan yang lebih tinggi daripada ilmu adalah atau akhlakhul karimah.

Alangkah indahnya apabila seseorang yang beriman lebih mengutamakan keberadaban antar sesama manusia, mungkin tidak mudah untuk menerapkan adab-adab dalam keseharian dimulai dari bangun tidur hingga kembali tidur dan beristirahat malam harinya.

Adapun macam macam adab dalam islam dikehidupan sehari-hari:

1. Adab Bangun Tidur

macam macam adab dalam islam

Macam macam adab dalam islam yang pertama dimulai dari adab bangun tidur. Setelah bangun tidur sepantasnya kita untuk memperbanyak bersyukur kepada Allah Swt yang telah membangunkan kita kembali setelah tertidur dimalam hari karena ketika kita tertidur itu merupakan cerminan dari kematian maka dari itu kita dianjurkan untuk memperhatikan adab bangun tidur karena dengan begitu cara untuk bersyukur kepada Allah, salah satu nya ialah dengan membaca doa bangun tidur

Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wasallam ketika bangun tidur beliau membaca:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

Artinya: Segala puji bagi Allah, yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami, dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan. (HR. Bukhari).

Setelah bangun tidur sebaiknya untuk segera membasuh wajah kemudian dilanjutkan untuk berwudhu kemudian segera melaksanakan sholat.

2. Adab Makan Dan Minum

macam-macam adab selanjutnya yaitu sebelum melakukan aktivitas dipagi hari, sebaiknya untuk sarapan terlebih dahulu agar ketika beraktivitas lebih bersemangat dan berstamina untuk melakukan kegiatan dilingkungan pekerjaan. Sebelum sarapan seorang muslim yang baik pasti mengutamakan adab ketika hendak makan dan minum, salah satu adab makan dan minum yang tidak boleh untuk dilewatkan adalah berdoa sebelum dan sesudah makan, selain kenyang kita juga mendapatkan keberkahan karena diawali dengan doa dan diakhiri dengan doa.

3. Adab Berpakaian

Berpakaian yang rapi dan sopan serta menutup aurat merupakan anjuran Rasulullah SAW. Berpakaian juga harus memperhatikan adab-adabnya, tidak hanya mengutamakan penampilannya tetapi juga memperhatikan jenis pakaian yang digunakan, bukankah pakaian yang kita gunakan dapat memuliakan kita bukan? Ada banyak adab berpakaian yang harus diperhatikan salah satunya adalah menutup aurat dan tidak tembus pandang, hal itu demu untuk menjaga kehormatan kita bagi seorang muslim utamanya bagi muslimah. Ada 5 adab berpakaian yang umum dapat kita amalkan setiap hari, untuk lebih jelasnya Lihat Disini

يَا بَنِي آدَمَ قَدْ أَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَارِي سَوْآتِكُمْ وَرِيشًا

“Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan” (QS. Al-A’raf: 32)

BACA JUGA: Tafsir QS. Al-A’raf: 32

4. Adab Menuntut Ilmu

Menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap muslim dan muslimah, akan tetapi dalam belajar atau menuntut ilmu juga terdapat adab-adab yang sebaiknya diperhatikan agar ilmu yang sedang kita dalami atau pelajari dan dengan mudah dipahami, salah satunya yaitu memiliki niat yang kuat untuk terus belajar tanpa mudah menyerah serta bersungguh-sungguh untuk terus belajar. Adab dalam menuntut ilmu merupakan bagian dari ilmu, karena bersumber dari dalil-dalil. Dan para ulama juga membuat kitab-kitab dan bab tersendiri tentang adab menuntut ilmu. Adab dalam menuntut ilmu juga sesuatu yang mesti diamalkan tidak hanya diilmui. Sehingga perkara ini mencakup ilmu dan amal.

5. Adab Membaca Al-qur’an

Setelah menuntut ilmu dan belajar, maka sebaiknya untuk meluangkan waktu untuk senantiasa membaca dan melantunkan ayat suci al-qur’an dan mempelajari isi dan kandungan didalamnya, bukankah al-qur’an merupakan pedoman hidup manusia dan tidak ada keraguan didalamnya.

6. Adab Menerima Tamu

Ketika sedang bersantai atau sedang berkumpul dengan keluarga namun pada saat itu juga tanpa kita duga sanak saudara datang mengunjungi kita, sudah menjadi kewajiban kita sebagai tuan rumah untuk menerima tamu dan memuliakan tamunya yang datang dengan menyuguhkan hidangan baik itu minuman dan makanan. Sebagai tuan rumah sebaiknya kita memperhatikan masa penjamuan tamu. Masa penjamuan tamu adalah waktu dimana kita sebagai tuan rumah lebih memperhatikan dan memuliakan tamu yang datang adapun waktu yang paling lama dalam memuliakan tamu adalah sebanyak 3 hari akan tetapi untuk memuliakannya hanyalah sehari semalam

7. Adab Dalam Bertamu

Sebelum bertamu, hal yang paling utama diperhatikan adalah dengan memperhatikan waktu bertamu hal ini bertujuan agar keluarga atau teman atau kerabat yang akan dikunjungi sedang berada dirumah selain itu memperhatikan waktu bertamu bertujuan agar saat berkunjung kerumah kerabat ia tidak sedang dalam keadaan sibuk atau sedang istrahat. Dalam hal ini, media komunikasi sangat disarankan yaitu sebaiknya sebelum bertamu untuk memberi kabar sebelumnya agar seseorang yang akan dikunjungi dapat mengatur dan menyesuaikan waktunya.

8. Adab Sebelum Tidur

Macam-macam adab dalam islam yang terakhir adalah adab sebelum tidur. Setelah beraktivitas dan bekerja seharian tibalah waktunya untuk beristrahat untuk dapat mempersiapkan stamina atau tenaga untuk beraktivitas kembali keesokan hari. Sebelum beristrahat dalam hal ini adalah tidur, hal yang terpenting adalah tidak melupakan adab sebelum tidur, adab sebelum tidur yang utama adalah membaca doa sebelum tidur agar selama kita tidur dan istrahat kita terhindar dari gangguan syaitan dan mimpi buruk yang dapat mengganggu selama beristirahat. adapun doa sebelum tidur sesuai tuntunan Rasulullah SAW dapat anda Lihat Disini

Demikian Pengertian Dan Macam macam Adab dalam islam yang penulis dapat bagikan, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua utamanya bagi penulis sendiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here