12 Keutamaan Dzikir Pagi Dan Petang

0
193
dzikir pagi dan petang

Keutamaan Dzikir Pagi Dan Petang – Berdzikir merupakan amalan yang sangat dianjurkan didalm islam, mengapa demikian karena berdzikir adalah bentuk mendekatkan diri kepada sang pencipta yaitu Allah SWT. Didalam kehidupan setiap manusia, Allah SWT memberikan ujian kepada setiap hambanya dengan ujian yang berbeda-beda dengan tujuan untuk mengangkat derajat hambanya.

Setiap manusia memiliki masalah dalam hidupnya yang berbeda-beda, nah inilah sebagai bentuk ujian yang diberikan oleh Allah SWT. Untuk dapat melewati segala ujian yang Allah berikan kepada kita hambanya yaitu dengan memperbanyak mendekatkan diri kepadanya salah satunya dengan berdizikir adapun dzikir yang sangat dianjurkan yaitu dengan mengamalkan dzikir pagi dan petang.

Dzikir pagi dan dzikir petang merupakan amalan yang paling dianjurkan dalam islam, mengapa demikian karena dengan berdzikir kita senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT utamanya berdizikir diwaktu pagi dan petang. Sebagaimana yang telah dijelaskan didalam Al-qur’an surah Al-Ahzab: 41-42

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱذْكُرُوا۟ ٱللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang. (QS. Al-Ahzab: 41-42)

Berdzikir diwaktu pagi dan petang juga dijelaskan didalam al-qur’an Ar-rum: 17

فَسُبْحَانَ اللَّهِ حِينَ تُمْسُونَ وَحِينَ تُصْبِحُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. (QS. Ar-Rum: 17)

Dalam keseharian, setiap manusia memiliki kesibukannya masing-masing, tentu kesibukan yang dijalani tersebut berbeda-beda bahkan banyak diantara kita karena dengan kesibukannya tersebut membuatnya seakan menjauh dari Allah SWT padahal sejatinya dia-lah yang memberikan kita rezeki lantas mengapa kita sampai melupakannya? Nah dengan banyak berdzikir kepadanya kita akan senantiasa mengingat Allah salah satunya ialah dzikir pagi dan petang. Apakah keutamaannya? simak pembahasan selengkapnya.

BACA JUGA: Tafsir QS. Ar-Rum: 17

Berikut ini adalah keutamaan – Keutamaan dzikir pagi dan petang:

1. Senantiasa Mengingat Allah

Siapa sangka disetiap kesibukan sehari-hari yang dilakukan ada banyak diantara kita karena kesibukannya sampai lupa dan lalai akan mengingat Allah tanpa sadar bahwa rezeki yang didapatkannya tidak lepas dari pemberian dari Allah SWT. Salah satu amalan ringan agar senantiasa mengingat Allah ialah berdzikir terutama mengamalkan dzikir pagi dan petang.

2. Senantiasa Diingat Oleh Allah

Senantiasa melakukan amalan dzikir dengan mengingatnya maka Allah pun akan senantiasa mengingat kita sebagai hambanya yang selalu berdzikir kepadanya sehingga setiap yang kita kerjakan insya Allah akan mendapatkan keberkahan.

3. Memberikan Rasa Tenang

Hanya dengan mengingat Allah hati kita menjadi tenang dan tentram sebagaimana yang dijelaskan didalam QS. Ar-Rad: 28

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

Artinya: (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. (QS. Ar-Rad: 28)

4. Dianugerahkan Rasa Sabar

Selain memberikan perasaan tenang, dengan dzikir pagi dan petang yang kita bacakan dipagi dan sore hari kita dianugerahkan perasaan sabar oleh Allah SWT, sehingga apapun yang terjadi disetiap harinya baik itu ujian dari Allah SWT kita bisa lebih sabar dan yakin semua itu akan kehendaknya.

فَاصْبِرْ عَلَىٰ مَا يَقُولُونَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ الْغُرُوبِ

Artinya: Maka bersabarlah kamu terhadap apa yang mereka katakan dan bertasbihlah sambil memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam(nya). (QS. Qaf:39)

5. Mendapatkan Pahala Setara Pahala Haji Dan Umrah

“Barangsiapa yang mengerjakan shalat shubuh dengan berjama’ah di masjid, lalu dia tetap berdiam di masjid sampai melaksanakan shalat sunnah Dhuha, maka ia seperti mendapat pahala orang yang berhaji atau berumroh secara sempurna.” (HR. Thobroni). Dengan mengamalkan dzikir pagi bukan hanya memberikan rasa tenang akan tetapi juga kita mendapatkan pahala yang setara dengan pahala haji dan umrah.

6. Mendapatkan Syafaat Dihari Kiamat

“Barangsiapa yang mengucapkan kalimat ‘subhanallah wa bi hamdih’ di pagi dan sore hari sebanyak 100 x, maka tidak ada yang datang pada hari kiamat yang lebih baik dari yang ia lakukan kecuali orang yang mengucapkan semisal atau lebih dari itu.” (HR. Muslim (4/2071, no. 2692).

7. Amalan Terbaik Disisi Allah SWT

Ada banyak amalan yang dijanjikan pahala oleh Allah SWT akan tetapi salah satu amalan yang paling ringan dikerjakan namun besar pahalanya yang kita dapatkan yaitu berdzikir apalagi melakukan dzikir pagi dan petang. “Maukah kamu aku tunjukkan perbuatanmu yang terbaik, paling suci di sisi Raja-mu (Allah), dan paling mengangkat derajatmu; lebih baik bagimu dari infak emas atau perak, Para Sahabat yang hadir berkata: “Mau (wahai Rasulullah)!” Beliau bersabda: “Dzikir kepada Allah Yang Mahatinggi. (HR. At-Tirmidzi no. 3377).

8. Akan Dimasukkan Kedalam Surga Setelah Meninggal Dunia

Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau Ya Allah, Engkaulah yang menciptakanku. Aku adalah hambaMu. Aku akan setia pada perjanjianku pada-Mu (yaitu menjalankan ketaatan dan menjauhi larangan, pen) semampuku dan aku yakin akan janji-Mu (berupa pahala). Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang kuperbuat. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku. Oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa kecuali Engkau.” (Dibaca 1 x)

Dari Syaddad bin Aus radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa mengucapkan dzikir ini di siang hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati pada hari tersebut sebelum sore hari, maka ia termasuk penghuni surga. Dan barangsiapa yang mengucapkannya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati sebelum shubuh, maka ia termasuk penghuni surga.” (HR. Bukhari (7/150, no. 6306))

9. Dilindungi Dari Marabahaya

“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakanNya.” (Dibaca 3 x pada petang hari). Dalam hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu disebutkan bahwa barangsiapa yang mengucapkan dzikir ini di sore hari sebanyak tiga kali, maka ia tidak akan mendapat bahaya racun di malam tersebut. (HR. Ahmad 2/290)

10. Dijauhkan Dari Dosa

Seseorang yang senantisa berdziki mengingat Allah makan seluruh langkahnya pada hari itu akan dilindungi oleh Allah dari segala perbuatan dosa Insya Allah.

11. Memberikan Rasa Khusyuk Dalam Beribadah

Seseorang yang senantiasa mengingat Allah dengan berdzikir utamanya mengamalkan dzikir pagi dan petang maka ia akan merasakan rasa khusuyuk dalam ibadah yang dilakukannya

12. Senantiasa Mengingat Kematian

Selalu mengingat kematian adalah pertanda orang yang cerdas karena ia senantiasa mempersiapkan bekalnya sebelum menghadap Allah SWT kelak setelah kematannya, maka dari ia mempersiapkannya dengan banyak beramal kepadanya, utamanya mengamalkan dzikir pagi dan petang.

Semoga permbahasan kami mengenai 12 keutamaan dzikir pagi dan petang dapat memberikan manfaat bagi kita semua utamanya bagi penulis sendiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here